BERITA VIRAL

Deja vu: Marc Marquez Curhat Usai Cedera Mata Lagi Akibat Kecelakaan di Mandalika

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, angkat bicara soal dirinya yang lagi-lagi mengalami cedera diplopia atau penglihatan ganda pada mata kanannya. Cedera tersebut ia alami akibat kecelakaan hebat di Tikungan 7 Sirkuit Mandalika dalam sesi pemanasan MotoGP Indonesia, Minggu (20/3/2022).

Pada Selasa (22/3/2022), Honda Racing Corporation (HRC) pun mengumumkan cedera ini lewat rilis resmi tim. Kecelakaan Marquez tersebut adalah yang keempat sepanjang pekan balap di Mandalika, namun yang paling besar karena ia terlempar dari motor dan tubuhnya terjatuh keras di aspal.

Setelah dibawa ke Medical Center, ia dilarikan ke Rumah Sakit Mataram dengan helikopter. Ia kemudian didiagnosa mengalami gegar otak dan disarankan tak ikut balapan. Marquez kemudian pulang ke Spanyol, dan dalam perjalanannya pulang, ia mengalami rasa tak nyaman pada penglihatannya.

Jalani Pemeriksaan Darurat di Barcelona

Setiba di Barcelona, Senin (21/3/2022), Marquez segera menjalani pemeriksaan darurat di Hospital Clinic de Barcelona bersama dokter mata kepercayaannya, dr. Sanchez Dalmau. Dr. Dalmau kemudian menemukan episode baru diplopia pada matanya.

Cedera ini pertama kali diderita Marquez pada akhir 2011, usai kecelakaan hebat di Sepang, Malaysia, yang membuatnya kehilangan gelar dunia Moto2. Cedera ini pun kambuh pada Oktober 2021 usai ia terjatuh di Spanyol saat latihan enduro.

Akibatnya, Marquez dilarang berkendara selama tiga bulan dan baru diizinkan latihan motor lagi pada pertengahan Januari 2022. Sayang, akibat kecelakaan di Mandalika, cedera ini kambuh lagi. Belum diketahui apakah cedera ini akan mengancam partisipasinya di MotoGP Argentina pada 1-3 April nanti.

Pernyataan Resmi Marc Marquez

Tampaknya saya mengalami deja vu… Dalam perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai mengalami rasa tak nyaman pada penglihatan saya, dan kami putuskan untuk mengunjungi dr. Sanchez Dalmau, yang mengonfirmasi bahwa saya mengalami episode baru diplopia,” tulis Marquez via Instagram.

“Beruntung, cedera kali ini tak terlalu parah dari cedera yang saya alami akhir tahun lalu. Namun, kini saatnya istirahat dan menunggu bagaimana cedera ini berevolusi. Seperti biasa, terima kasih banyak kepada semua orang atas dukungan kalian!!” pungkas delapan kali juara dunia ini.

Pada Selasa pagi, Marquez juga mengunjungi dr. Samuel Antuna di Ruber Internacional Hospital di Madrid, untuk menjalani pemeriksaan medis secara umum. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi seluruh memar-memar dari kecelakaan di Mandalika, sekaligus melakukan MRI pada kepala. Ia dikonfirmasi tak mengalami cedera lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *