BERITA BERITA BOLA

Hasil Piala Eropa 2020: Drama 8 Gol Warnai Kemenangan Spanyol atas Kroasia di 16 Besar

PALAPABOLA  Tim Nasional (Timnas) Spanyol akhirnya berhasil mengalahkan Kroasia di babak 16 besar Piala Eropa 2020 pada Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Spanyol tepatnya menang dengan skor 5-3 atas Kroasia setelah melalui babak tambahan 15×2 menit.

Ya, laga Kroasia vs Spanyol yang berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark tersebut memang bermain hingga babak tambahan.

Spanyol lantas mengamuk di babak tambahan dengan menciptakan dua gol melalui aksi Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal. Dengan dua gol di babak tambahan itu, Spanyol pun menang 5-3 dan menyingkirkan Kroasia dari Piala Eroap 2020. Spanyol memastikan diri melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Ya, Simon melakukan blunder pada menit 20 hingga membuat Spanyol tertinggal 0-1. Simon melakukan kesalahan karena tak bisa menerima bola dengan baik ketika Pedri mencoba memberikan umpan kepada kiper Spanyol tersebut dari tengah lapangan.

Gol bunuh diri Simon lantas membuat Spanyol justru semakin menekan lini pertahanan Kroasia. Beberapa kali peluang tercipta, namun La Furia Roja masih kesulitan menembus pertahanan Kroasia.

Kroasia vs Spanyol

Setelah beberapa kali mencoba, Spanyol akhirnya berhasil juga menjebol gawang Kroasia di menit 38. Adalah Pablo Sarabia yang mampu membuat pertandingan kembali sama kuat.

Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Kroasia, Sarabia berhasil melesatkan tendangan yang berawal dari bola muntahan Dominik Livakovic. Skor 1-1 itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Spanyol masih menjadi tim yang menguasai jalannya pertandingan hingga babak pertama berakhir dengan hampir memiliki 70 persen penguasaan bola. Spanyol bahkan melepaskan 11 tendangan, di mana Kroasia hanya bisa menciptakan dua saja dan itu pun tak ada yang on target.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Spanyol dan Kroasia kembali bermain menyerang. Berawal dari umpan silang Ferran Torres dari sisi kanan pertahanan Kroasia, Azpilicueta mampu menyundul bola tepat ke arah gawang Livakovic.

Gol kapten Chelsea itu membuat permainan Spanyol semakin menggila. Beberapa kali para pemain Spanyol membuat kiper Kroasia jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya. Kroasia pun juga sempat merepotkan Unai Simon, namun kiper Athletic Bilbao itu tampil baik seakan membalas blundernya di babak pertama.

Pada menit 76, Spanyol mulai menjauh dari kejaran Kroasia. Skuad asuhan Luis Enrique itu berhasil mencetak gol ketiga melalui aksi Ferran Torres yang mampu memperdaya fullback kiri Kroasia, yakni Josko Gvardiol.

Kroasia vs Spanyol

Setelah lolos dari kejaran Gvardiol, Torres lantas melesatkan tendangan yang membuat bola melewati selangkangan kiper Kroasia dan gol ketiga Spanyol pun tercipta. Sayang pesta gol ketiga Spanyol itu berlangsung lama karena Kroasia mampu mencetak gol kedua mereka pada menit 85.

Gol tersebut membuat harapan bagi Kroasia, mereka lantas terus menggempur pertahanan La Furia Roja.

Pertahanan Spanyol yang awalnya kuat itu lantas jebol kembali di menit 90+2. Mario Pasalic memberikan harapan bagi Kroasia kembali lewat gol injury time.

Tak lama wasit meniupkan peluit panjang, karena laga Kroasia vs Spanyol masih sama kuat 3-3 maka babak tambahan pun dimainkan.

Babak Tambahan

Pada babak tambaham, Spanyol langsung tancap gas. Pada menit 100, Alvaro Morata berhasil membuat para pendukung Kroasia terdiam di Stadion Parken berkat golnya yang membuat Spanyol unggul 4-3.

Morata mampu mencetak gol berkat umpan silang yang amat ciamik dari Daniel Olmo. Masuknya Olmo di menit 71 memang membuat permainan Spanyol lebih hidup dari sisi kanan penyerangan tim tersebut.

Terbukti, pada menti 103 Spanyol lagi-lagi dapat mencetak gol berkat umpan dari Olmo.

Momen gol Alvaro Morata di laga Kroasia vs Spanyol

Babak pertama waktu tambahan pun berakhir 5-3 untuk keunggulan Spanyol. Memasuki babak kedua di waktu tambahan itu, Kroasia masih berusaha untuk mengejar ketertinggalan dua gol.

Akan tetapi, Spanyol mampu bertahan dengan baik hingga laga berakhir. Alhasil, Spanyol pun berhak melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020 usai menghajar Kroasia 5-3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *