Rapor Skuat Timnas Indonesia Usai Ganyang Malaysia di Piala AFF 2020: Irfan dan Pratama Luar Biasa!
BERITA BERITA BOLA

Rapor Skuat Timnas Indonesia Usai Ganyang Malaysia di Piala AFF 2020: Irfan dan Pratama Luar Biasa!

PALAPABOLA

Timnas Indonesia berhasil menang besar atas Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Duel Indonesia vs Malaysia digelar di Natinonal Stadium, Singapura. Skuat asuhan Shin Tae-yong harus kebobolan lebih dulu dalam laga ini. Sebenarnya Indonesia mengawali permainan dengan apik. Mereka langsung melakukan beberapa tekanan.

Sayang, pada menit ke-13 sebuah kesalahan yang dilakukan Irfan Jaya membuat gawang Nadeo Argawinata harus lebih dulu jebol. Sapuan bola Irfan jatuh dikaki gelandang Malaysia, Kogileswaran Raj. Tembakan keras Kogi meluncur ke sudut gawang Nadeo.

Timnas Indonesia agak panik setelah tertinggal. Mereka seperti buru-buru ingin membalas. Kondisi ini membuat serangan balik Malaysia sering membuat deg-degan jantung pemain Indonesia yang tengah fokus menyerang demi mengejar ketertinggalan.

Beruntung gol segera datang pada menit ke-36. Irfan Jaya seperti membayar kesalahannya. Dia mencetak gol penyeimbang setelah dapat umpan matang dari Witan Sulaeman.

Pengujung babak pertama, Irfan membalikkan keadaan. Pemain lincah PSS Sleman ini dapat bola liar di dalam kotak penalti pada menit ke-43. Dia tak menyia-nyiakan peluang itu dan merobek gawang Malaysia untuk kali kedua. Skor 2-1 keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.

Babak kedua, Shin Tae-yong memperkuat lini belakang dengan memasukkan Elkan Baggott menggantikan Ramai Rumakiek. Indikasi jika pelatih Shin Tae-yong ingin membuat pemainnya lebih tenang di belakang.

Meski mengurangi barisan depan, Indonesia lebih nyaman melancarkan serangan. Pada menit 50, gol indah lahir dari tendangan keras Pratama Arhan. Tendanan keras dari luar kotak penalti membuat kiper Malaysia, Khairul Fahmi, harus memungut bola dari dalam gawang untuk kali ketiga.

Unggul 3-1 tak membuat Indonesia mengendurkan serangan. Pada menit ke-82, Baggott menambah derita Malaysia. Bek jangkung ini mencetak gol dengan kepalanya dari situasi tendangan sudut yang dilepaskan Evan Dimas.

Indonesia pun akhirnya menang dengan skor 4-1. Skuat Garuda jadi juara Grup B dan bertemu Singapura di babak semifinal yang digelar dalam dua leg, yaitu pada 22 dan 25 Desember 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *