BERITA BERITA BOLA

Optimisme Xavi: Barcelona Tertinggal, tapi Musim Masih Panjang

Optimisme Xavi: Barcelona Tertinggal, tapi Musim Masih Panjang

Xavi berhasil memetik kemenangan perdana sebagai pelatih Barcelona di laga debutnya. Minggu (21/11/2021), Barca mengalahkan Espanyol dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan kali ini diwarnai keberuntungan karena gol tunggal Barca berasal dari penalti Memphis Depay di awal babak kedua. Meski begitu, tiga poin tetaplah tiga poin, dan poin itu sangat penting bagi Xavi.

Paling tidak, kemenangan kali ini dapat menenangkan situasi yang sempat bergejolak dalam pemecatan Ronald Koeman sebulan terakhir. Xavi juga memulai kariernya sebagai pelatih dengan cukup baik.

Lantas, apa kata Xavi soal peluang Barca dalam persaingan musim ini? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

Musim masih panjang

Barca berhasil membungkus 3 poin penting, tapi tidak banyak perubahan di klasemen. Mereka masih tertinggal cukup jauh dari Real Madrid yang bertengger di puncak.

Los Blancos memimpin dengan 30 poin, Barca ada di peringkat enam dengan 20 poin. Selisih 10 poin tentu cukup lebar.

“Kami sedikit tertinggal, tapi masih ada banyak pertandingan. Kami punya pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya ketika kami bisa mengejar banyak ketertinggalan poin,” ujar Xavi di Marca.

“Hanya dengan sikap, usaha, dan pengorbanan kami bisa melangkah ke dapan. Saya seorang optimis, tapi kami harus menunggu dan melihat perkembangan.”

Manajemen pertandingan

Di laga tersebut, Barca sebenarnya bermain sangat baik di babak pertama, tapi level permainan mereka merosot di babak kedua. Beruntung masih ada gol penalti dari Depay.

“Itu [penurunan performa] bukan karena masalah fisik, tetapi soal manajemen pertandingan,” jelas Xavi.

“Kami harus mempertahankan bola dan menunjukkan ketangguhan karakter.”

“Itu persoalan taktik sepak bola, bukan masalah fisik,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *